Jumat, 29 Januari 2010

Apa sih CMS ?

0 comments
Mungkin banyak diantara kita, khususnya kita-kita yang tidak terlalu mengerti dengan dunia web, yang tidak tahu tentang apa itu yang dimaksud dengan CMS. hanya kita yang merasa masuk orang computer, jurusan teknik informatika atau ahli dalam web programming yang sudah sangat mengenal dengan arti kata CMS. Postingan kali ini saya akan menjelaskan untuk kamu-kamu yang belum mengertiu arti dari CMS atau Content Management System . CMS (Content Management System) Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat,menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster. Intinya dengan CMS kita hanya tinggal merakit untuk membuat sebuah website dengan plugin-plugin yang telah disediakan (kita cari di internet) sedangkan tanpa CMS kita harus membuat script-scriptnya dari nol sampe terbentuklah sebuah website yang rumit.

macam-macam cms



Pemanfaatan CMS
CMS pada prinsipnya dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi, seperti untuk:

1. Mengelola website pribadi.
2. Mengelola website perusahaan/bisnis.
3. Portal atau website komunitas.
4. Galeri foto, dan lain sebagainya.
5. Forum.
6. Aplikasi E-Commerce.
7. Dan lain-lain

Banyak penyedia CMS sekarang ini, baik itu gratis maupun berbayar. Berikut beberapa situs yang menyediakan CMS dan bisa langsung di download.
drupal-id.com
wordpress.com
mambo-id.com
joomla-id.com
cmsindonesia.com

Leave a Reply

Ada pertanyaan dengan posting ini?
silahkan isi komentar, pada bagian "Beri komentar sebagai" pilih dengan "Name/URL" (nama dan alamat web, alamat web bisa dikosongkan) ...