Rabu, 15 September 2010

Tutorial GDesk V0.33 : Mendesain Menu Ponsel Symbian S60V3 - E63

74 comments

Akan saya bagi sedikit tentang Gdesk.. Sebelum kita mencoba membuat sebuah desain gdesk ada baiknya kita mengenal Gdesk terlebih dahulu. Gdesk yang saya tau adalah aplikasi keren berbasis symbian yang berfungsi untuk mendesain tampilan menu hp dengan sedemikian rupa yang tentunya dengan gdesk ini kita dpat berkreasi membuat tampilan menu ponsel sesuka hati dan sesuai kreatifitas qta. Dengan Gdesk ponsel nokia symbian yang kita punya dapat kita sulap tampilan dari menu ke menu serta homescreenny seperti BlackBerry, IPhone, Android, Windows, dsb .... pasti menarik bukan? Langsung saja ...



Download File2 yang dubuthkan ::


1. GDesk.0.33g.SIS
2. GDeskAgnViewS60.0.33g.sis
3. GDeskClockS60.0.33g.sis
4. GDeskInfoViewS60.0.33g.sis
5. GDeskNotepadS60.0.33g.sis
6. GDeskShortcutsS60.0.33g.sis
7. GDeskTaskManS60.0.33g.sis
8. bbdesignbnz.gdd (contoh desain gdesk model blackberry)

ke-8 file diatas dapat langsung kamu download satu paket ..




Instalasi Gdesk ::
setelah semua kamu download >> langsung saja install semua file yang berekstensi .sis ke hpmu...

Desain BlackBerry pada menu ponsel dengan Gdesk V0.33
kamu bisa langsung membuka desainnya yang udah jadi (tampilan desain blackberry ) caranya ::
jalanin gdesk
-klik soft right key >> design>> load design..
-cari , kemudian open bbdesignbnz.gdd yng kmu dowload td..
-ok..

hasilnya seperti berikut ..


gambar diatas screenshot hasil gdesk di nokia E63 , mirpkan? :)

hhhhm.. boleh boleh....



Tutorial Mendesain GDesk

apabila kamu ingin berkreasi sendiri mulai dari awal , berikut tutorial dan cara2nya ...

1. menentukan wallpaper
Yang pertama kita lakukan set background terlebih dahulu (wallpaper) caranya tekan soft right key > design > set desktop > set image > cari wallpaper yang kamu suka (kalo bisa yang sesuai resolusi layar kalo saya 320x240 ).

apabila saat pertama set desktop wallpaper tidak fullscreen? lakukan langkah berikut.. tekan soft right key > design > set desktop > background option > max fit image > hasilny wallpaper akan penuh satu layar...





wallpapers sudah di set ..


2. Menambahkan antribut homescreen menu...
selanjutnya kita tambahkan atribut yang menampilkan informasi baterai dan sinyal ponsel..
tapi sebelumnya agar bagian atribut homescreen menu seperti baterai, sinyal, pesan baru, dll enak dilihat kita buat kotak transparan agak gelap carany >> pilih add other > gdesk notepad > ok
# menambahkan bidang transparan


kemudian tekan tombol 5 kalo pake hp dengan keypad qwerty sepert E63, E71, E72, dll tekan fn+5

kenapa tekan 5 ? >> karena kita akan mengatur ukuran notepad td (scale)



perlebar notepad tade agar ukurannya sesuai layar, tekan tombol 8/ fn+8 dan 6/ fn+6 untuk mengatur ukurannya... setelah ukurannya sesuai tekan lagi tombol 5 / fn+5 agar kembali ke fungsi pengaturan posisi...

kemudian dengan sesuaikan letakny dengan menekan tombol 4,2,6,8 (ingat ponsel qwerty + tombol fn) sampai notepad atau bidang persegi tsb berada paling atas layar...
selnajutnya atur transparansi > pilih pada bidang notepad tadi > transparancy > 75%... sekalian backgroundnya jadikan warna hitam pada background RGB > pilih warna hitam..





pilih hitam...


# menambahkan infovews (kondisi baterai dan sinyal hp)...
caranya klik add other > gdesk infoview > ok


maka yang pertama keluar angka2 dalam satuan kb (kilobite) itu adalah info RAM nya.. info RAM ini dapat kita ganti dengan info baterai > klik info ram tadi > pilih type > disana ada banyak pilihan informasi apa yang ingin kamu tambahkan ke homescreen menu pilihannya informasi free ram, baterai, signal, indicator, next alarm, mesage (maksudnya angka jumlah pesan baru, dan network) .. > langsung saja pilih baterai..

agar susunan atribut2 homescreen menu tadi bisa rapi , bisa kamu gunkan bantuan grid > pilih option > use grid > ok

use small grid >> grid lebih banyak dan akan lebih mudah penyusunannya..
align to grid >> otomatis akan ngepas dengan grid (grid besar)
align to small grid >> otomatis akan ngepas dengan grid (grid besar)



kemudian dengan cara yang sama saat menambahkan informasi baterai tambahkan juga sinyal hp...

Menambahkan jam....
Untuk menambhakan jam > add other > gdesk clock > ok


kita ubah style jamnya ke model digital > klik pada jam > style > digital ..


untuk memperbesar jamnya > pilih size > pilih ukuran yang kamu inginkan ... kemudian atur letaknya...


hasilnya ...

gambar diatas icon sinyal ama baterai tidak sesaui.. karena saya gak punya iconya.. :D

sedikit tambahan bidang transparan

3. menambahkan icon2 shortcutnya ...

cara menambahkan icon2 shortcutnya... > Add app > cari aplikasi yang ingin kamu jadikan shortcut (misal olah pesan, kontak, atau aplikasi laon) > ok


masukan 6 icon shortcut lainya di homescreen juga...

Mengganti iconnya >>
klik pada icon shortcut yang ining kamu ganti ikonnya > set icon >cari gambar yang ingin di jadikan ikon.. ikon2 seperti ini bisa kamu cari di www.freeiconsdownload.com atau situs lainnya...


setelah semua ikon diganti akan tampak seperti berikut ..


tambahkan juga hari tanggalnya..
untuk menambahkan tanggal dan hari sama caranya saat menambhkan jam cuma pada bagian style kita ubah menjadi date ..



kemudian atur datenya mau sperti apa tanggalan ini di tampilkan ...



Hasil nya >>>


Apabila desain menu ini selesai kita desain dan kita done maka atribut yang tidak perlu di select dapat terselect ( terpilih ) agar tidak terpilih (selected) atribut/elemen2nya > pilih atribut/elemen yang sekiranya tidak difungsikan > pilih non-selectectable ..






4. Membuat tombol kuncinya ..

setiap menu utama ponsel pasti dilengkapi tombol kunci maka kita juga perlu melngkapi desain gdesk kita dengan tombol kunci ... carany >> add other > key lock ...


tombol kunci sudah muncul.. tapi berupa button ... yang akan kita buat sekarang adalah tombol kuncinya saja bukan button (maksudnya kita cukup menekan tombol tertentu untuk mngunci hp bukan dengan cara mengklik icon buton dilayar)..

ok caranya kamu harus membuat gmbar (png) transparan dengan photoshop udah pada bisa kan?... (ok lanjut...) pilih button keylock tadi > kemudian set icon > cari gambar png yang transparn td > set tombol tsb agar non-selectable > ok

kemudian masih pada tombol keylock tadi > pilih assign key > tekan tombol apa yang ingin kamu jadikan tombol kunci... ok selesai... berikutnya membuat halaman menu berikutnya (tadi halaman homescreen) ...




5. Membuat halaman lainnya...

untuk membuat halaman2 berikutnya tinggal bikin halaman baru > pilih page > new page..

wallpaper diatas sudh aku ganti cara ganti wallpapers sudah tahukan > set desktop > set imgae > cari wallpapernya...



setelah halaman ke2 di buat ...

halaman kedua ini dapat kamu desain sendiri cara pendesainan sama seperti halaman pertama, tinggal tergantung kreasimu.. :))


6. Membuat link antar halaman (menu)..

membuat page link ada 2 cara mengklik gambar icon atau langsung menekan tombol tertentu.. dan saya akan jelaskan dengan cara ke dua menekan tombol tertentu (assign key)..
langsung aja dari halaman 1 (homescreen) klik add other > page link > 2 >ok

maka muncul gambar berikut >>

tombol antar page dengan assign key kita buat dengan cara yang sama saat membuat tombol kunci... (dengan set icon gmbar transparan)


untuk page2 yang lainnya dan page linknnya pasti sudah taukan caranya ... :D




6. Menambahkan teks atau cataatan...

caranya > add other > gdesk notepad > ok , kemudian transparancy set 100% .


setelah itu pilih set text , warna dan ukuran bisa kamu sesuaikan ...

font diatas menggunakan font bbsablon




ada pertanyaan kirim aja sebagai komentar, tapi saya akan jawab sebisa saya aja ..

ok... gitu aja gann...

74 Responses so far

  1. Anonim says:

    tutorial mantap, cuman kok lum ada yang koment ya???

  2. Anonim says:

    bos itu harus di hack dulu ta ege'nya?....
    kok gw dwnload file situ kok g kebaca?....

  3. anonim 1
    >> y ni gan ditunggu komentarny.. :D

    anonim ke2
    >> yup.. harus dihack dulu biar aplikasi2nya bisa diinstal..
    g kebaca maksudnya gmana? file di atas masih dalam bentuk rar harus diekstrak dulu.. kalo ekstrak lewat hp langsung, harus pake x-plore ekstrakny gan.. :)

  4. Anonim says:

    semuas sudah saya install
    tinggal menjalan kannya tetep tidak bisa padahal sudah memenuhi prosedur nya???
    itu gmna cara mengatasinya??

  5. Gan KO ane dh gdesknya dgn benar tapi masihgmbr theme BBnya Gk bsa full screen d layar ege say!!!
    itu knp yach??
    mohon penjelasan Gan NEWBIE NICH!!!
    thanks

  6. bisa diinstal tpi g bisa dijalankan???? ? mang ada tulisannya pa???

  7. perkembangan teknologi ::
    kalo mau fullscreen menunya coba >> pilih option >> centang pada fullscreen.

    kalo wallpaper fullscren > set desktop > background option > centang max fit imge.

    jadikan aja ke2 option diatas fullscreen gan.

  8. aris says:

    gan apa tulisan di software,tu yg da di screenshoot pakai phyton pa nggak????

  9. tulisaan?? maksudnya?? hurufny gitu maksudnya?? tu huruf/fontnya pake font bbshablon software wat ganti fontny pk fountrouter gak perlu phyton kalo fountrouter..

  10. aris says:

    dimana gan dunlutnya n' cara makenya

  11. @aris : maksud aris yang mana nih?, donlut gdesk ato fontrouter? kalo fontrouter cara make n donlut aplikasinya liat di sini

  12. Anonim says:

    tanya donk gan...
    barusan kan saya udha selesai design nya...
    trus udh saya klik done...
    tapi koq tampilan awalnya masih standar aja ya...??
    gimana caranya pake gdesk yg udah kita design itu...??
    mohon petunjuknya donk...
    makasih...

  13. Anonim says:

    gan napa file GDeskTaskManS60.0.33g.sis g' bisa di install. ada tulisan "tidak dapat memasang" by Nokia E63

  14. @anonim 1 : tampilan awal masih standar?? gmana maksudnya? perlu diingat.. menu2 n design gdesk cuma berjalan di dalam aplikasi gdesk lo.. kalo kluar dari aplikasi ya kembali seperti semula..

  15. @anonim 2 : hmm.. wah knapa lagi nih.. coba setting > aplication > app.manager > software instalation > pilih all

  16. Anonim says:

    Gan, semua file sisnya dh brhasil Ane instal nh. Hp Ane jg udh dHack tentuny.Cuman kok load designny gagal terus yah. Menuny ttp nggak mau brbh. Ane cb restart jg ttp. Gmn dong biar hp Ane(load designy brhasil) jd Bb jg ??? Aby, 19 tahun Cirebon.

  17. Anonim says:

    Info tambahan, file2 sis ntu, Ane simpen dMEMORY CARD.

  18. @aby : menu apa yang g berubah?? aplikasi design gdesk ini berjalan didalam aplikasi gdek, jd kalo menu utama hp emang g berubah.. harus berada dalam aplikasi gdesk baru semua menuny berjalan..

    file2 sis disimpan c ato e g masalah kok..

  19. Anonim says:

    GDeskny tdk sy close kok Mas. Jd stlh sy load design dan plh design yg sy mau. Menuny nggak brbh, ttp sm sj alias tdk ada perubahan. File tsb gdd padahal. AbY, 19 th Cirebon.

  20. @anonim : setelah open desin terus > done , ga berubah??? pake desain gdd lainy sma g hasilnya??

  21. bos,ne tampilan menu utamanya jg kaya bb apa g?ato cm home screennya aja?

  22. nui says:

    kaka
    ko GDsek yg uda saya instal di ege saya gak bsa di buka ya ?
    tolong bantuan na ya ka,

  23. Om ane, bingung ane load file gddnya om ga bisa di buka/ngelag.. Mohon info nya

  24. @life : homescreen ama menu2nya bisa dibikin kaya bb kok..

  25. @nui : g bisany gmana???

  26. @Ponk : jah.. dsain diri ja kalo open gddnya susah..

  27. Anonim says:

    sob. ada g aplikasi yg bsa mmbuat nokia e63 q bsa d pke nulis huruf arab?
    cause, nokia e63 q cma bsa d pke nulis 3 bhsa doang, cma eng. ind. china doang.
    semisal buat nulis sms bhsa arab. sbab d hp q huruf arabnya g bsa kebaca/hurufnya jdi kotak"
    klo ada aplikasinya tlng ksih tau donk.
    thank's

  28. @anonim : kalo aplikasi buat nulis arab lupa namanya.. tar q share kalo dah ktemu.. tapi kalo wat baca arab, pake font unicode aja (font multybahasa) kaya bbshablon dll.. cara ganti fontnya pake fontrouter.. cari postingan sebelumnya di blog ini..

  29. mamad says:

    bos q pengen download gsek tapi bgung caranya??
    gmn ni??

  30. pramestihatta says:

    blognitizen:minta link buat hack e63 pliss....
    aku masih pemula nih maklum masih smp

  31. @mamad : y tinggal download aja kok.. kan dah ada link downlodnya diatas..

  32. @pramesti : ni linknya >> hack e63

  33. Anonim says:

    OK sob.
    t tnggu aplikasinya yg bwt nulis arab

  34. Anonim says:

    brow mnta infona donk. hp we E63 dah we instal gdesk na smua, tp setelah we jalankan e malah screennya gak bisa full alisa cuma disampek dibawah icon signal bawaan nokia solusigmn Brow tlong yaW... krm dk Mail q eac_mie@yahoo.co.id thank sebelumnya.

  35. Anonim says:

    gan....
    klo dh slsai,,dmna cara menginstall nya k tema..???

    format nya ja kan gdd..

  36. Anonim says:

    Sob, aplikasi gdesknya mantap.
    I like it

  37. Anonim says:

    bs di e71 ga bro?

  38. Anonim says:

    mantapppp abizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz........

  39. Anonim says:

    cara mindahin icon na gmana

  40. Anonim says:

    cara hack hp nya gimana???

  41. Anonim says:

    Bro ane udah coba dan bisa tp koq tampilannya kagak bisa fullscreen ya? bagian atasnya kagak kena'.. jd tampilannya kebawah yg atas kepotong tetep kelihatan nokianya bro..
    mohon bantuannya ye..

  42. dr.yoedha says:

    kalo dari awal gmana ? khan biasa'a hp e63 kalo asal download ngga bisa d instal ...
    gmna tuch ?

  43. IJIN SEDOT N COPY GAN

  44. albie says:

    mas , emang gdesknya ga bisa jalan full
    kalo pecet tombol tutup telepon (yang warna merah)
    emang langsung ke close yah ???

  45. gan file GDeskTaskManS60.0.33g.sis ga bisa d install..
    ngaruhnya apa ya..?? mohon penerangannya
    thxx..

  46. brian says:

    kq gk bisa full screen eaa

  47. Anonim says:

    gan, klu udah selesai trus kita ngejalanin gdeks,pas disaat gw mo cek plsa dengan menekan tombol kagak bsa ya gan? secara tmbolx udah jadi shorcut gitu.. mohon pencerahannya ya gan..
    trima kasih..

  48. agan...minta linknya dong agar ege sy bisa nulis sms arab

  49. Anonim says:

    Kalo sudah selesai trus gimana jalanin aplikasinya mas

  50. rendo says:

    mantap deh tp kl buat N82 bs g bos?

  51. Anonim says:

    Mantab ilakes gan... Matur nuwun sanget

  52. Anonim says:

    bro klo di balikin ke menu semula bisa ngk?
    gmn carany..??

  53. phizt says:

    bradd,, aku dah instal,, tapi pas ngedesign kok ga bisa ngatur letat icon nya yahh??

  54. koppent says:

    gan kok pas masang notepad kok gag bisa ditiban ikon2 lain...ikonnya malah tenggelem..

  55. Anonim says:

    hello bro,
    nokia N82 gak ada gdesk mendosain hp?

  56. Anonim says:

    pas mo ngerubah/bikin icon
    icon yang di download dari
    http://www.freeiconsdownload.com
    di taro d folder sendiri? or otomatis nyari sendiri??

  57. Cara kamu mindahin Notepadnya keatas gimana ?

  58. Montazeri says:

    cuma bisa dri aplikasinya gk bisa ke homescreen asli..

  59. Anonim says:

    gi mana mahu susun aturnya icon itu ? tekan butang apa ??

  60. jombloxlinx@yahoo.co.id says:

    bos file yg ke 8 g' q temukan
    sa'at load ,Padahal smua dah q instal mohon bantuanya

  61. RizzBlog says:

    gan, mau nanya nih...
    cara munculin menu nya gimana yaa??
    tolong pencerahannya...

    terima kasih

  62. Bro. kunjungi ganti blog gue ya >> www.sedot-aplikasi.co.cc

  63. hyayat says:

    s0b. Cara munculin icon battery dan signal gmna s0b?
    M0h0n bantuan...

    http://hyayat.mywapblog.com

  64. hyayat says:

    s0b, cara munculin icon battry dan signal gmna cara.y?
    M0h0n bantuan.y s0b

    http://hyayat.mywapblog.com

  65. Febian says:

    bang, ini cuman di gdesk doang ya? gak bisa di pake kaya tema hape gitu? mmmmm

  66. Anonim says:

    bisa di instal lewat laptop gak,,.?
    soalnya lewat hp gue gak bisa

  67. gan gdesk yg warna merah+banyak iconnya minta skinnya donk plisss !!

  68. gan gdesk yg warna merah+banyak iconnya minta skinnya donk plisss !!

  69. assalaamu a'laikum.. Kunjung perdana kang, postingannya sangat bagus dan sangat membantu.. sy izin download kang..

  70. bagus gan :)
    tapi yang tutorial menambahkan baterai dll,kan di suruh pencet tombol 8/ 8+fn ya.. Tapi ane pencet malah keluar ke homescreen gan.. Mohon pencerahannya.. Hatur nuhun :)

  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  72. Symbianers (v3) says:

    gan,aq kan pake design windows !!
    Nah kan kalo tekan tombol left 1x twuh masuk ke start Menu trus pas di tekan yg ke 2x nya jadi close krna si pembuat design nya udah ngatur tmbol nya jdi kyak gtU,tlong kasih tawu doNk gan,gmana cara nya spaya menekan left soft key yang ke 2x twuh bisa di buat ke perpindahan halaman?

  73. Setelah Kita Desai Terus Cara Gunainnnya Gmna ?

Leave a Reply

Ada pertanyaan dengan posting ini?
silahkan isi komentar, pada bagian "Beri komentar sebagai" pilih dengan "Name/URL" (nama dan alamat web, alamat web bisa dikosongkan) ...