Minggu, 30 September 2012

Review Notebook ASUS A43SD dengan Teknologi VGA Optimus - "Cara menggunakan VGA NVIDIA OPTIMUS"

26 comments
Postingan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya "Review Notebook ASUS A43SD dengan Teknologi VGA Optimus" Setelah sebelumnya menjelaskan tentang ASUS A43SD sekarang akan saya jelaskan bagaimana mengoptimalkan A43SD Anda agar menjadi Platform Handal untuk menjalankan program-program berat atau game-game berat yang biasanya menggunakan spesifikasi dan grafis tinggi.

Seperti yang telah dijelaskan di postingan sebelumnya bahwa notebook ASUS A43SD adalah Notebook gaming dengan harga terjangkau yang sudah dilengkapi dengan senjata tambahan berupa VGA dedicated NVidia GeForce 610M 2GB , Notebook yang menggunakan VGA dedicated seperti ini harganya biasanya memang cukup mahal. Oleh karena itu Laptop A43SD ini terbilang cukup laris dan menjadi buruan para Gamer hasilnya notebook ini mampu menjalankan game-game yang terbilang cukup canggih seperti PES 2012, PES 2013, Need for Speed Hot Pursuit, Modern Warfare 3 dll. Apalagi jika anda mengeluarkan budget tambahan sekitar 100rb - 200rb untuk upgrade RAM minimal menjadi 4GB saja notebook ini sudah mampu mengesekusi game-game yang setara dengan XBOX 360.

VGA tidak terdeteksi DXDIAG?
Pertama kali notebook ini di tangan Anda mungkin yang pertama kali anda lakukan adalah mengecek VGA dari A43SD melalui dxdiag, banyak pengguna A43SD dibuat bingung ketika tidak terdeteksinya VGA dari NVIDIA dan yang terdeteksi malah VGA Intel HD, Jika iya terjadi seperti itu Anda tidak perlu panik dan komplain ke toko dimana anda membeli notebook ini. Ikuti langkah berikut jika VGA A43SD Anda tidak terdeteksi .

Cara menggunakan VGA NVidia OPTIMUS
1. Install semua driver VGA : Pertama anda cek di menu dxdiag vga akan terdeteksi Intel HD Graphic family dengan Approx. total memory 784 MB (untuk versi dual core) pastikan semua driver telah diinstal baik dari Intel dan NVidia dan gunakan driver bawaan laptop (dari cd) ketika Anda membeli A43SD (tidak perlu update driver apapun). Oiya harus Anda tahu bahwa mengecek VGA dengan dxdiag adalah cara paling kuno di tahun 2012 ini, saya rekomendasikan Anda menggunkana Software yang lebih canggih seperti GPU-Z karena jika menggunakan dxdiag nama VGA akan tetap tedeteksi sebagai Intel HD Graphic Family ketika Anda sudah men-switch VGA ke NVidia walaupun Approx. total memory sudah bertambah 2GB yang berarti VGA telah menggunakan kekuatan penuh dari NVidia.

2. Setelah Install Driver NVidia, ketika anda mengklik kanan pada desktop maka akan muncul NVidia Control Panel, Jika masih belum keluar menu tersebut ulangi lagi instalasi driver VGA NVidia secara manual.

3. Setelah terinstal klik kanan pada desktop > NVIDIA Control Panel , kemudian pada Manage 3D Setting pada tab Global Setting pada bagian preferred graphics processor ganti dari "auto-select" menjadi "High-performance NVIDIA processor".



Kemudian pada menu Set PhysX configuration pada bagian option Select a PhysX processor ganti/pilih menjadi "GeForce 610M"




4. Dengan demikian berarti laptopmu sekarang telah di switch dari VGA integrated (Intel) ke VGA dedicated (NVIDIA) Sekarang performa laptopmu akan meningkat dan bila dicek dengan dxdiag pada bagian display Approx. total memory akan bertambah 2GB. Dan pastinya VGA NVidia akan tedeteksi di game-game berat yang akan anda mainkan. Dapat Anda bandingkan sendiri perbedaan saat mengunakan VGA Intel dan VGA NVidia ketika bermain game. Jika menggunakan VGA NVidia ada game yang masih tidak lancar ( ada leg saat di mainkan ) Anda bisa mencoba menggunkan software Game Booster 3 atau menambah/Upgrade ram menjadi 4, 6, atau 8GB

Sebelum di switch ke NVidia Approx. total memory 784 MB


Setelah di switch ke NVidia Approx. total memory menjadi 2734MB



NB : Jika tidak ada masalah dengan driver NVidia Anda dan semua sudah bejalan lancar sebaiknya Driver tidak perlu di update lagi, karena ada kasus semua sudah berjalan mulus ketika driver NVidia di update hasilnya malah sebaliknya game tidak dapat berjalan lancar seperti sebelumnya.



26 Responses so far

  1. Wah kebetulan ane mau beli laptop ini gan, ngomong ngomong untuk os pakai windows 7 yang mana gan yang bagus untuk laptop ini?

  2. Anonim says:

    Smua bgus wat seven.. Buat 8 jg ready..

  3. budget 6,5jt dpt gaming laptop yg bagus apa kang yg non optimus? Soalx Punya temenq Asus A43SD-VX691D kerjax kurang sip buat game

  4. Anonim says:

    @sumberwadung kaligondo : tambah ram aja dah sip.. Asus A43SD-VX691D speknya dah lumayan.. gamenya terlalu canggih mungkin atau belum di switch vganya..?

  5. kangtok says:

    .. met sore, sob... numpang baca2 wat tambah ilmu nih... asyik postingnya, sob ... mksh sdh di share...

  6. admin says:

    @kangtok .. ok sob mksih udah berkunjung.. :P

  7. Anonim says:

    kalo buat programming bagus ga' gan ? soalnya ane mau beli laptop ini

  8. Anonim says:

    @Anonim : kalo buat programming jelas bisa gan.. saya juga programing pake laptop ini .

  9. gan. ane kalo maen game 3D di asus ini kokgamau full ya? knapa gan?

  10. Anonim says:

    @angga resolusi gamenya gak sesuai ama resolusi layar (g support)

  11. wisnu says:

    kalo gak di setting optimus nya berarti tetap berjalan di vga intel hd ya gan? bukanya auto select sudah otomatis?

  12. Anonim says:

    @wisnu : y i cek aja di setingannya nvidia control panelnya dah high performace ama udah pake gforce 610m belum. kalo setingannya auto select berarti ya otomatis.

  13. wisnu says:

    ok bang ane dah berhasil... sekarang mau coba game pes 2013 bs dijalankan gk yach... trimakasih atas pencerahannya.

  14. bang ane mau nnya, kan smuanya udh saya ikuti yang di atas, cuma masalahnya PES 2013 saya klo di buka suka muncul pemberitahuan GPU.VRAM 128MB
    nah trus layarnya ga full dan kualitas gambarnya juga jelek.
    mna yah bang? saya juga memakai ASUS A 43SD
    mohon bantuan nya yah bang..
    terima kasih

  15. Anonim says:

    @Mochammad DiazChikunx VGA dah di swith ke geforce 610M belum?? di nvidia panel ganti ke prosesornya ke high performance nvidia prosesor kalo cuma wat maen pes 2013 bisalah.. jangan lupa pake program game boster biar PES makin lancar jaya..

    g2 aja gan salam A43SD ..

  16. Mantap gan, ane user Asus a46cm i3, kirain lepi ane gak kuat main game ps2. Udah ane coba lelet amit. Eh ga tau nya driver nvidia ane lom ke install. Sekarang mo coba instal drivernya dulu smoga ngacir main game hd

  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  18. Hallo Gan, Sy punya Laptop Asus A43SD Intel Core i3 2.40GHz, Ram 2GB DDR3, Dual VGA (Intel HD Graphics 3000, Nvidia Geforce 610M), HDD 500GB.

    Sy udah coba mainin game berat seperti COD MW3, Fifa 2013, Assasin's Creed II sama NFS Hot Persuit dengan setting tinggi lancar-lancar saja, tapi pas Sy mainin game NFS Most Wanted 2012 gambarnya agak lelet yaaa.., nih kenapa Gan?

    Apakah klw Sy naikin RAM-nya jdi 4GB game-nya jdi lancar?

    Mohon Pencerahannya Gan!!!

  19. brow inii koh masih sama ya 804 ini gimna ya gan..??tolong kasih pencerahanya gan...

  20. Anonim says:

    Ahlul : 804 gimana maksudny?

  21. Anonim says:

    @Mathardi Syafwan : saya gak yakin kalo dari ramnya gan cz COD MW3, Fifa 2013, Assasin's Creed II sama NFS Hot Persuit itu kan game2 berat.. harusnya Most wanted 2012 juga bisa.. kemungkinan besar bukan ramnya gan..

  22. Gan mau nanya!! Apakah dengan menambah RAM dapat meningkatkan kecepatan Grafik pada saat main Game???
    (Misal : Ram 2GB ditambah menjadi 4GB).
    Intel Core I3 2.40GHz
    VGA NVIDIA Geforce 610M 2GB.

    Ditunggu Jawaban-nya Bro!!!

  23. Udah ngikutin petunjuk sesuai dengan diatas, tp kok tetep gak nambah ya? gak ada perubahan....
    spek laptop ASUS A45VD

  24. hi..perkenalkan saya mahasiswa dari jurusan informatika, ijin save artikelnya ya gan, thanks for sharing :)

  25. gan saya ada pertanyaan sedikit,
    saya baru beli laptop, di internet tertulis laptop tsb memiliki vga nvidia geforce gt 610m.. namun saat saya cek di laptopnya hanya tertulis geforce 610m (tanpa "gt")
    apakah saya tertipu?

  26. Mmm..maaf apa bisa di instal correl draw?

Leave a Reply

Ada pertanyaan dengan posting ini?
silahkan isi komentar, pada bagian "Beri komentar sebagai" pilih dengan "Name/URL" (nama dan alamat web, alamat web bisa dikosongkan) ...