Rabu, 23 Juni 2010

Modal ponsel, bisa bikin area hotspot sendiri...

1 comments
Seperti yang telah disebutkan di judul, ternyata dengan sebuah ponsel kita bisa membangun sebuah akses point sendiri, alias bikin area hotspot .. terus bagaimana caranya?
Ponsel yang harus kita gunakan tentunya juga ponsel yang mendukung wifi, dengan menginstal sebuah aplikasi bernama Joikuspot aplikasi yang dibuat oleh Joiku Shop (www.joikushop.com). Pengertian dari Joikuspot sendiri adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi ponsel atau PDA yang memiliki fasilitas koneksi WiFi. Fungsi dari Joikuspot ini sendiri menjadikan ponsel atau PDA tersebut sebagai akses point internet dengan sarana WiFi. Jadi dengan Joikuspot kita bisa melakukan sharring koneksi internet yang ada dengan laptop atau ponsel lain melalui WiFi.


Setelah kita instal aplikasi ini di ponsel, yang pertama harus kita lakukan adalah melakukan setting terlebih dahulu..
Network name : nama akses point yang akan kamu buat
Access point : koneksi internet yang kita gunakan (saat saya mencoba menggunakan AXISinternet hasilnya murah dan cukup cepat untuk browsing).
channel WiFi (802.11) : kita isi dengan automatic
Encryption : ada 3 pilihan, None jika kita akan membuka sharing koneksi WiFi kita keluar, dan WEP open dan WEP shared jika kita ingin mengenkripsi koneksi kita dengan password tertentu.
Batterey threshold : untuk menentukan penggunaan baterei dari ponsel, kalo dipilih makin ke kanan (full), berarti penggunaan betereinya dimaksimalkan (baterai akan boros tapi sinyal kuat).
Landing page : jika dipilih Yes, otomatis jika ada yang mengakses melalui akses point ponsel kita, akan dibawa ke website Joiku Shop terlebih dahulu.
GPS positioning : akan menentukan posisi kita saat melakukan sharring dengan Joikuspot ini (ini hanya berfungsi pada ponsel atau PDA yang memiliki GPS receiver built in).
Gateway IP address : berisi IP address dari ponsel kita yang menjadi akses point, untuk ponsel atau laptop yang menjadi client otomatis mendapatkan IP address berurutan dengan IP address akses point.
Factory settings : mereset setengan ke default

Pada menu aplikasi ini terdapat 2 bagian, yakni Client dan Status. Pada bagian Client berfungsi untuk melihat siapa saja yang menggunakan akses point kita, sedangkan pada status adalah bagian yang menampilkan informasi akses poin yang kita buat.

Tips :: untuk menggunakan aplikasi ini sebaiknya kita menggunakan akses internet yang bertarif berdasarkan durasi/unlimited bukan paket data, tujuannnya? biar ga boros pulsa tentunya.. :))

Mau download aplikasi ini?
Langsung aja ke http://www.joikushop.com/


One Response so far

  1. Anonim says:

    bro, tau cara buat script/setting ga ke epad android biar bisa detect joikuspot hp ini?, soalnya ga ke detect.

Leave a Reply

Ada pertanyaan dengan posting ini?
silahkan isi komentar, pada bagian "Beri komentar sebagai" pilih dengan "Name/URL" (nama dan alamat web, alamat web bisa dikosongkan) ...